1/2/2017

Hutan Mangrove dan Hari Lahan Basah Internasional

Hutan Mangrove dan Hari Lahan Basah Internasional

Hari Lahan Basah Internasional diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya. Tanggal ini memperingati hari ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar, sebuah kota di pantai Laut Kaspia di Iran.

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pertama kali pada tahun 1997. Setiap tahun, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan kelompok masyarakat pada seluruh lapisan komunitas mengambil peran dalam aksi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum.

Lahan basah memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia. Ekosistemnya menyediakan air bersih, keanekaragaman hayati, pangan, berbagai material, mengendalikan banjir, menyimpan cadangan air tanah, dan mitigasi perubahan iklim.

Lahan basah adalah wilayah daratan yang digenangi air atau memiliki kandungan air yang tinggi, baik permanen maupun musiman. Ekosistemnya mencakup rawa, danau, sungai, hutan mangrove, hutan gambut, hutan banjir, limpasan banjir, pesisir, sawah, hingga terumbu karang. Lahan ini bisa ada di perairan tawar, payau maupun asin, proses pembentukannya bisa alami maupun buatan.

Lahan basah yang paling sering dikonservasi adalah hutan mangrove. Sebagai negara kepulauan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki manfaat seperti mencegah abrasi dan erosi air laut, tempat hidup aneka satwa dan ikan, dan lain-lain.

Berikut adalah daftar hutan mangrove di Jawa - Bali yang sering digunakan untuk konservasi maupun kegiatan CSR. Tak hanya untuk konservasi, hutan mangrove berikut ini sering dijadikan lokasi wisata dan selfie :

Semarang

  • Maron Mangrove Edupark, Pantai Maron, Tugurejo, Semarang
  • Taman Mangrove Morosari, Pantai Morosari, Demak

Pekalongan

  • Mangrove Park Pekalongan, Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan

Cilacap

  • Hutan Mangrove Kampung Laut, Cilacap

Yogyakarta

  • Wisata Hutan Mangrove Wana Tirta, Pasir Mendit, Kulon Progo, Yogyakarta

Bali

  • Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I, Jl. By Pass Ngurah Rai, Km. 21, Kuta, Bali

Upcoming Event

Today Promo

Other News

12/5/2018

Abdul Idol berikan 'Yang Terbaik' untuk Partygoers Babyface

Partygoers seketika bersorak – sorai dan ikut menyanyi bersama Abdul dengan deretan lagu- lagu hits yang membawanya meraih posisi Runner Up di Indonesian Idol yaitu Don’t Look Back in Anger, Fix You, Shape of You, Lost Stars, You’re the Reason dan lagu kemenangannya sendiri yaitu Yang Terbaik.

Read more
3/1/2019

Boim Gethho Meriahkan Malam Grand Final Fashion Slap di Babyface Club & Karaoke Semarang

Rabu, 19 Desember 2018 BabyfaceClub & Karaoke Semarang diguncang dengan penampilan Boim Gettho. Nama BoimGettho pastinya sudah tidak asing ditelinga partygoers,DJ yang sudah berkecimpung di industri musik EDM selama 25 tahun ini adalahjuri dalam di salah satu DanceCompetition di program televisi tanah air dan dikenal dengan sebagai DJdengan musik RnB. Skill dalammemainkan memainkan musik EDM pastinya sudah tidak diragukan lagi dan Rabumalam kemarin Boim Gettho mengguncang malam Grand Final Fashion Slap di Babyface Club.

Read more
13/4/2018

Friyay!!! Pantai Babyface dan Duo Feminina memanggil kalian !!!

Feel the Rhythm & Atmosphere a real Beach Party this Friday, April13 of 2018 on Babyface Club Semarang with our Special Guest Star DJ Feminina. Duo Feminina will rock your world, keep your hearts and pants up because they will make you sweat with their perfomances.

Read more